Rabu, September 17, 2008

BERCERMIN PADA ALLAH YANG SEMPURNA

“... haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” (Matius 5:48)


Di Jawa Timur terdapat sebuah tempat hiburan dan tempat belajar yang bernama JATIM PARK. Salah satu bagian yang ramai dikunjungi para pengunjung, khususnya pengunjung wanita adalah ‘cermin-cermin ajaib.’ Dikatakan ‘ajaib’ karena cermin-cermin itu bisa membuat orang yang gemuk, terlihat langsing atau yang kurus terlihat gemuk. Terserah kepada para pengunjung untuk memilih cermin mana yang mereka sukai.
Gambar bentuk tubuh yang terlihat pada cermin-cermin itu bukanlah gambar yang sesungguhnya. Bukan pula karena cermin-cermin itu memang ajaib. Yang sebenarnya terjadi ialah cermin-cermin itu dirancang dengan maksud memanipulasi keadaan yang sesungguhnya. Dengan demikian, bentuk tubuh yang dikehendaki sangat bergantung pada kaca cermin penilai itu.

Kondisi yang terpancar dari cermin-cermin yang sepertinya ajaib itu mengingatkan saya kepada dasar pertimbangan bagi penilaian diri kita. Kalau dalam hidup kita hanya semata-mata bercermin pada penilaian orang lain, maka kita akan kewalahan dan frustasi. Bagaimanapun, penilaian manusia itu relatif. Penilaian orang berbeda-beda terhadap kita. Sering kali penilaian itu bersifat ‘manupulatif’ atau menipu.
Puji Tuhan, karena pada hari ini, Tuhan memberikan dasar untuk bercermin yang sebenarnya. Kita semua harus bercermin pada Allah kita yang sempurna. Allah yang kita percayai di dalam Yesus, tidak pernah salah dan apapun yang DIA katakan tentang kita merupakan perkataan yang sesungguhnya. Yesus tidak pernah berbohong tentang keadaan kita. DIA Allah kita yang sempurna.

Itulah sebabnya ketika kita bercermin kepada Allah yang mahasempurna maka kita juga akan melihat diri kita yang sebenarnya. Kita akan tampil sebagai orang-orang yang originil dan bukannya hidup di dalam dunia ‘angan-angan’ saja. Kita akan terus menerus berupaya untuk berlaku seperti Allah kita yang sempurna itu. Oleh firman-Nya yang mahakuasa, kita akan diubahkan dari sehari demi sehari, hingga menjadi sama seperti DIA yang adalah sempurna.


“Orang yang bercermin dari BAPA sorgawi yang sempurna,
akan terus mengejar kesempurnaan dalam hidupnya. ”

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com