Senin, Januari 12, 2009

TERUS BERKARYA

“Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan (Roma 12;11)


Paling susah memang mengurus orang yang sudah putus asa dan malas untuk melakukan apapun bagi Tuhan. Nasehat apa saja yang diberikan kepadanya selalu akan dibalas dengan berbagai macam dalih. Tujuannya adalah menutupi kemalasan di dalam hatinya. Pikirannya sibuk dengan berbagai dalih sehingga ia hanya terikat di tempat itu tanpa melakukan apa-apa.

Dalam pimpinan Roh Kudus, suatu sore saya untuk memanggil salah seorang mahasiswa skripsi di kampus sekolah Theologia di mana saya menjadi dosen. Melihat raut wajahnya dan sorot matanya, jelas terbersit putus asa dan kemalasan untuk hidup. Dalam konseling itulah semakin pasti saya menemukan bahwa mahasiswa ini sedang berada dalam titik jenuh dan tidak ada semangat hidup. Malas, bosan, kecewa....kata-kata itu yang sering keluar dari mulutnya.
Dalam keadaan semacam itu, saya sangat bergumul bagaimana caranya menolong dia. Puji Tuhan, sementara berbicara, saya menemukan penyebab utamanya adalah karena merasa terus gagal dan gagal dalam hidupnya. Setelah mendengar kisahnya, saya mulai memberikan kebenaran Firman Allah ini dan mengarahkannya untuk bangkit dari kemalasannya.

Jika Saudara adalah orang yang bergumul dengan kemalasan untuk melakukan sesuatu bagi Tuhan, hari ini Saudara bertemu dengan pesan yang cukup keras. Stop kemalasannya itu. Kerahkan kembali kekuatan Saudara dan mulai lagi bangkit untuk Tuhan. Jangan biarkan kerajinanmu kendor. Ijinkan Roh Kudus membaharui rohmu dan layanilah Tuhan.

Teruslah berkarya, jangan berhenti. Air yang tak bergerak lebih cepat busuk. Kunci yang tak pernah dibuka lebih mudah serat. Mesin yang tak dinyalakan lebih gampang berkarat. Hanya perkakas yang tak digunakanlah yang disimpan dalam laci berdebu. Alam telah mengajarkan bahwa kita tidak akan pernah berhenti. Meski kita berdiam diri di situ, bumi tetap mengajak kita mengelilingi matahari. Karena itu jangan berhenti berkarya, atau kita segera menjadi tua dan tak berguna.

“Teruslah berkarya...karena dalam Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.”

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com