Kamis, Januari 29, 2009

SILAHKAN MEMBENCI YANG BERIKUT INI




Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat dan mulut penuh tipu muslihat Amsal 8:13)

Kata benci berarti merasa sangat tidak suka kepada sesuatu, seseorang atau keadaan. Kebencian itu bukanlah sama sekali tidak perlu di dalam hidup kita, namun arah/sasarannya harus benar. Sebagai seorang anak Tuhan, sasaran kebencian kita bukanlah kepada manusia di sekitar kita, atau keadaan melainkan kepada tindakan-tindakan yang bertentangan dengan kebenaran firman Allah.

Pemikiran semacam ini tertuang dalam Amsal 8:13 yang menerangkan mengenai pengertian atau definisi yang benar dari hal takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan mengharuskan seorang anak Tuhan untuk mengarahkan kebenciannya pada sasaran yang tepat. Sasarannya adalah membenci (merasa tidak suka) atau menolak kejahatan.

Berikut ini adalah beberapa kategori kejahatan yang perlu kita benci: bencilah kesombongan dan kecongkakan. Tes untuk mengetahui hal ini mudah sekali. Jika kita menaruh penghargaan yang berlebihan terhadap diri sendiri dan cenderung merendahkan orang lain, kita terbukti masih sombong dan congkak. Kita benci kesombongan dan kecongkakan bila kita melihat diri kita sebagai mana mestinya dan menghargai orang lain.

Selain itu, berkompromi dengan kesalahan dan bertindak secara tidak adil kepada hak-hak orang lain harus kita benci. Karena hal ini merupakan tingkah laku yang mengarah kepada kejahatan. Ketika menjaga diri dalam takut akan Tuhan, kita juga perlu menjaga kemurnian perkataan/ucapan kita. Inilah cara kita membenci mulut penuh tipu muslihat.

“Membenci perkara-perkara kejahatan adalah pengertian yang tepat dari hal takut akan Tuhan”

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com