Jumat, Agustus 15, 2008

Mengikuti Pertandingan dengan Selayaknya

Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. (I Tim. 6:12)


Seorang wanita tua rentah didapati ikut menonton siaran langsung final kejuaraan sepak bola dunia 2006, di sebuah kampung. Ketika ditanyakan alasannya untuk menonton, iapun menjawab, ‘karena ini adalah pertandingan dengan para pemain yang handal dan pertandingannya seru, karena itu layak ditontonnya.”

Memang benar, suatu pertandingan yang patut untuk ditonton adalah pertandingan yang diolah sedemikian rupa. Demikian halnya dengan kehidupan rohani kita. Seringkali kita lupa bahwa hidup kita merupakan sebuah pertandingan iman. Suatu pertandingan yang wajib kita selesaikan dengan tepat.

Kepada Timotius yang muda, rasul Paulus menyarankan untuk melakukan pertandingan iman dengan cara yang patut atau layak. Banyak cara ‘instant’ dan ‘tidak halal’ yang sering kita tempuh untuk mencapai tahap pertumbuhan rohani, namun mulailah pertimbangan firman Tuhan ini. Tuhan selalu ingin kita mencapai tahap pertumbuhan secara layak/patut.

Masuklah dalam pertandingan ini secara sehat. Ingat, promosi datangnya dari Tuhan. Sementara bertumbuh, tetaplah membuka diri kepada setiap kesempatan baru, jangan pernah berhenti hanya pada satu tahap pertumbuhan rohani saja. Teruslah kembangkan diri. Ini akan menjadikan diri kita, seorang pemain rohani dalam pertandingan yang patut ditonton.

“Usahakan dirimu layak sebagai seorang pemain yang bertanding secara tepat dalam sebuah pertandingan rohani.”

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com