Sabtu, Mei 31, 2008

POLUSI ROHANI

“Saudara-saudara yang terkasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Tuhan.” ( 2 Kor 7:1)


Dampak fatal dari kemajuan teknologi dan kemudahan seperti kendaraan bermotor ialah munculnya polusi. Polusi ini dapat saja terjadi dalam berbagai segi hidup manusia. Mulai dari polusi terhadap udara, air, suara dan lain-lain. Polusi yang terjadi itu dapat saja mendatangkan penyakit bagi para penduduk di mana polusi itu terjadi.

Sebagai mana polusi di sekitar dunia tempat kita tinggal terjadi karena kecorobohan dan ketidakpedulian kita terdapat keseimbangan, demikian pula dengan polusi rohani. Jika kita tidak menjaga keseimbangan dalam kehidupan rohani kita maka polusi rohani dapat saja menimpa iman kita. Memiliki banyak kesibukan pelayanan itu baik, tapi jika karena kesibukan kita melupakan Tuhan pemilik pelayanan itu sendiri maka kita akan menyebabkan polusi melanda kehidupan rohani kita.

Adalah sebuah kota kecil yang terletak di sebelah barat daya Tokyo Jepang, bernama MINAMATA. Kota ini adalah sebuah kota para nelayan. Di teluk yang indah itu, ada banyak ikan yang hidup. Ikan itu ditangkap oleh para nelayan lalu dijual atau dimakan. Tapi karena di pinggir teluk itu didirikan sebuah pabrik kimia, Chisso Corporation yang tiap hari membuang limbah pabriknya ke teluk Minamata ini maka polusipun terjadi.

Limbah yang dibuang itu menimbulkan tingginya kadar air raksa sehingga mempengaruhi ikan-ikan. Ikan itu ditangkap dan dimakan oleh manusia maka manusia keracunan mercuri yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia. Diperkirakan 2.062 orang yang menderita penyakit Minamata dan 672 diantranya meninggal dunia. Kota ini pernah menjadi terkenal di seluruh dunia karena peristiwa itu.

Lebih berbahaya dari polusi di atas, kita semua harus menghindari polusi rohani yang mencemari hati dan pikiran manusia. Polusi itu masuk melalui bahan bacaan, tontonan,pendengaran dll. Karena itu lihat anjuran dalam 2 Kor 7:1: “Saudara-saudara yang terkasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Tuhan.”


“Polusi Rohani terjadi kalau kita tidak mempertahankan
keseimbangan dalam kehidupan rohani.”

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com