Minggu, Maret 30, 2008

SEBUTAN BAGI ALLAH DALAM KEHIDUPAN UMAT TUHAN

Nama atau sebutan menunjukkan pribadi yang menyandangnya. Pemberian nama sebenarnya dimaksudkan juga untuk menyatakan kesanggupan yang sepatutnya ditampilkan dari penyandang sebuah nama. Dalam kehidupan umat pilihan Allah, yakni orang Yahudi, sebutan kepada Allah memiliki makna yang dalam.
Penyebutan terhadap Allah yang lazim dan menunjukkan kehebatan-Nya, tergambar dalam sebuah kata Ibrani, YEHOVA. Berikut ini sejumlah daftar sebutan Allah yang akan memperlihatkan kepada kita siapakah Allah yang kita sembah:
Yehova Jireh (Kejadian 22:14) : Dialah Allah yang akan menyediakan
Yehova Nissi (Keluaran 17:15) : Dialah Allah, panji-panji kemenangan
Yehova Shalom (Hakim-hakim 6:24) : Dialah Allah, sang damai sejahtera
Yehova Tsidkenu (Yeremia 23:6) : Dialah Allah kebenaran kita
Yehova Rohi (Mazmur 23:1) : Dialah Allah, sang gembala yang baik
Yehova Rapheka/Rapha (Keluaran 15:26) : Dialah Allah penyembuh
Yehova Shammah (Yehezkiel 48:35) : Dialah Allah yang hadir
Yehova Tsebaoth (Yesaya 37:16) : Dialah Allah penguasa langit dan bumi/pemilik rumah/kerajaan atau panglima perang
Tidak terbatas hanya sebutan YEHOVA saja, melainkan terdapat pula beberapa sebutan lainnya. Diantaranya adalah: Elohim yang berarti Allah. Untuk menyatakan bahwa Dialah Allah yang mahakuasa, Allah yang menyediakan kecukupan kepada umat-Nya maka Allah disebut dengan El-Shaddai. Sebagai tanda kedekatan antara umat dengan Allah maka ada 2 sapaan akrab yaitu Adonai (TUHAN) dan Father ‘Abba’.
Julukan yang paling terkenal adalah bahwa Allah dikenal secara sempurna dalam pribadi yang bernama YESUS KRISTUS. Merupakan sebutan untuk Allah yang mengambil rupa manusia, lahir ke dalam dunia dan bersedia menyerahkan nyawa-Nya untuk mati di kayu salib bagi pengampunan dosa manusia.
Dengan demikian kita dapat katakan bahwa dalam kehidupan umat pilihan Tuhan dan catatan Alkitab, kita memiliki sebutan yang khas tentang Allah. Bukan saja Allah yang tinggi luhur tapi juga Allah yang dekat dengan umat-Nya. Sekarang, tinggal saudara percaya atau tidak? Semua sebutan itu bisa menjadi kenyataan dalam kehidupan orang-orang yang percaya.

Tidak ada komentar:

Anda dimana ya?

Free Profile Map from ModMyProfile.com